Jumat, 02 Desember 2016

Cerita Kami tentang "Kelas Lentera Kuark" dalam Festival Pendidikan Banda

Hai sahabat pendidikan se-Nusantara. Kali ini sahabat pendidikan kalian dari Beranda Terdepan NKRI yakni Pulau Kisar mendapat kesempatan dari Yayasan Pendidikan HEKALEKA Maluku untuk bergabung dalam FESTIVAL PENDIDIKAN BANDA.



Sahabat Pendidikan dari Pulau Kisar terdiri dari 3 orang yakni, Bung Semy Hooru, Bung Danny Letelay, dan Bung Rino Wekan, mengemban tugas untuk mengamati pelaksanaan Festival Pendidikan yang berlangsung di Pulau Banda untuk mempersiapkan pelaksanaan FESTIVAL PENDIDIKAN KISAR yang akan direncanakan pada tahun 2017.
Salah satu kegiatan yang diikuti oleh salah seorang sahabat pendidikan dari Kisar yakni Bung Rino Wekan adalah Kelas Lentera Kuark.



Kelas Lentera Kuark merupakan salah satu divisi dalam PT. KUARK yang bergerak dalam pembinaan guru-guru di bidang sains.


Di bawah pembinaan Ibu Saktiana Dwi H. Kelas Lentera Kuark di Banda diberikan pemahaman tentang cara mengajar sains di Sekolah Dasar yang kreatif dan menyenangkan. Pembelajaran berbasis 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Collaboration, dan Communication and information) dan inkuiri (Amati, Bertanya, Mencari atau Mencoba, Berdiskusi, dan Evaluasi) diharapkan dapat memberikan nuansa baru dalam pembelajaran sains di kelas.
Banyak pengalaman baru yang dapat diambil untuk memperbaiki pembelajaran dalam pelaksanaan Kelas Lentera Kuark ini. Diharapkan dengan kehadiran Kelas Lentera ini, para guru mampu menghadirkan pembelajaran sains yang kreatif dan menyenangkan.


Sebelum pelaksanaan Kelas Lentera Kuark yang diperuntukan bagi para guru sains, ada sebuah kegiatan yang menyenangkan yang diperuntukan bagi para siswa sekolah dasar, yakni Festival Sains Kreatif. Dalam Festival ini, para siswa diajak bermain bersama dalam games eduktif yakni Bandara Bola, Cross Ping Pong, Harmonika Sederhana, dan Tornado Kacang. Saking menyenangkannya Festival Sains Kuark ini, para volunteer pun ikut bermain dalam games edukatif ini.







Melihat betapa menarik dan bermanfaatnya kegiatan ini, membuat kami (sahabat-sahabat dari Kisar) akan berusaha untuk menghadirkan kegiatan serupa dalam pelaksanaan Festival Pendidikan Kisar. Ini akan menjadi tantangan tersendiri mengingat letak Pulau Kisar yang cukup jauh dari Ibukota Propinsi akan membutuhkan perencanaan serta persiapan yang matang. Semoga semangat memajukan Dunia Pendidikan yang dilaksanakan para Volunteer (para narasumber di bidangnya masing-masing dari Jakarta) masih dapat dirasakan oleh para siswa, guru, dan sahabat-sahabat pendidikan di beranda terdepan NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar