Minggu, 04 Desember 2016

Membangkitkan Kompetisi Para Siswa dari Daerah Terdepan dan Terluar Lewat “Olimpiade Matematika Tingkat SD”




Halo sahabat pendidikan se-Nusantara....

Kali ini dalam mewujudkan semangat membangun Pendidikan dari Daerah Terdepan dan Terluar...

Sahabat Pendidikan kalian dari Bumi Yotowawa Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Propinsi Maluku tengan mempersiapkan sebuah ajang kompetisi antar siswa SD se-Pulau Kisar. Ajang kompetisi yang akan digelar adalah “Olimpiade Matematika Tingkat SD se-Pulau Kisar”.

Untuk mempersiapkan segala sesuatunya maka pada hari Selasa, 15 November 2016 bertempat di SMA Negeri 2 Pp. Terselatan – Abusur, Sahabat Pendidikan kalian, Samuel. J. Hooru, S,Pi (di sapa Bung Sem), Daniel Letelay, A.Mk (di sapa Bung Dani) dan Rino W. Wekan, S.Pd (di sapa Bung Rino) melakukan rapat persiapan di ruangan Kepala SMA Negeri 2 Pp. Terselatan – Abusur.


Merealisasi pembicaraan yang dilakukan, pada hari Sabtu, 19 November 2016 dilakukan technical meeting bersama dengan Kepala UPT DIKPORA dan Kepala-Kepala SD se-Pulau Kisar. Dari pembicaraan yang terjadi di ruangan UPT DIKPORA Kec. Pp. Terselatan ini, seluruh Kepala-Kepala SD menunjukkan antusias yang tinggi dalam mendukung pelaksanaan Olimpiade ini.


Nah, sahabat semuanya.....

Semangat membangkitkan kompetisi di antara para siswa SD se-Pulau Kisar,  didukung oleh para guru dengan melibatkan para siswanya mengikuti ajang olimpiade matematika ini. Sebanyak 77 peserta dari kelas 4 dan 5 SD yang berasal dari 16 SD dari total 19 SD di Pulau Kisar mengikuti kegiatan Olimpiade Matematika yang diselenggarakan pada Senin, 21 November 2016.




Sahabat pendidikan semuanya.....

Acara pembukaan kegiatan Olimpiade Matematika Tingkat SD se-Pulau Kisar ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Pulau-pulau Terselatan (yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan), Ketua Klasis GPM Pulau-Pulau Kisar, Kepala UPT DIKPORA Kecamatan Pulau-pulau Terselatan, Kepala UPT DIKPORA Kecamatan Kisar Utara, Pengurus Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku Daerah Pulau-Pulau Kisar, Kepala-Kepala SD se-Pulau Kisar, para guru pembina Olimpiade Matematika, serta para peserta Olimpiade.








Kegiatan Olimpiade yang akan diselenggara ini merupakan pelaksanaan olimpiade ke-2 yang diselenggarakan atas hasil kerjasama Angkatan Muda GPM Daerah Pulau-pulau Kisar dengan UPT DIKPORA Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan dan UPT DIKPORA Kecamatan Kisar Utara serta didukung oleh Bank MalukuMalut Cabang Pembantu Wonreli. Pada pelaksanaan kali ini, total hadiah yang diperuntukan bagi para pemenang berjumlah Rp.10.250.000,00 (terbilang: sepuluh juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) dalam bentuk tabungan pendidikan dari Bank MalukuMalut Cabang Pembantu Wonreli dan Pengurus AM GPM Daerah Pulau-Pulau Kisar.


Pelaksanaan Olimpiade Matematika ini terdiri 2 (dua) babak, yakni Babak Penyisihan dan Babak Final.
Dari 77 peserta olimpade yang mengikuti Babak Penyisihan akan dipilih 10 peserta dengan nilai tertinggi yang akan melanjutkan ke Babak Final.










Setelah selesainya waktu mengerjakan soal di Babak Penyisihan ini ternyata diperoleh 11 peserta yang lolos ke Babak Final. Dengan tujuan utama pelaksanaan kegiatan Olimpiade ini yakni menumbuhkan semangat kompetisi maka ke-11 peserta yang lolos ke Babak Final akan diberi hadiah berupa tabungan pendidikan.

Nah,,,, sahabat pendidikan semuanya inilah daftar peringkat, hasil Olimpiade Matematika Tingkat SD se-Pulau Kisar.
  • Peringkat 1 : STELA AHAB dari SD Kristen Abusur, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.2.000.000,00
  • Peringkat 2 : JUNIARTI DARKAY dari SD Inpres Lebelau, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.1.750.000,00
  • Peringkat 3 : YUNUS LETELAY dari SD Kristen Wonreli, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.1.500.000,00
  • Peringkat 4 : ERNA CYNTIA WARIAKA dari SD Inpres Lebelau, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.1.250.000,00
  • Peringkat 5 : ESTER WARIAKA dari SD Negeri 1 Wonreli, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.1.000.000,00
  • Peringkat 6 : EWANDA MAROMON dari SD Inpres Lebelau, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.700.000,00
  • Peringkat 7 : AFIDIN dari SD Inpres Wonreli, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.450.000,00
  • Peringkat 8 : JUAN MAAHURY dari SD Kristen Wonreli, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.450.000,00
  • Peringkat 9 : JEVON DAVIAN WEDILEN dari SD Negeri 1 Wonreli, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.450.000,00
  • Peringkat 10 : ELENTINA M. JESAYAS dari SD Inpres Purpura, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.450.000,00
  • Peringkat Favorite : CHRIS MANTO AHAB dari SD Negeri 1 Wonreli, mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp.250.000,00








Sahabat Pendidikan se-Nusantara...
Pelaksanaan olimpiade ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membangun kembali pendidikan di Pulau Kisar. Dalam sharing pendidikan bersama antara Bung Sem, Bung Dan bersama Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd, pada 05 November 2016, ada beberpa hal penting yang perlu dilakukan sekarang untuk membangun pendidikan di Pulau Kisar, antara lain : (1) Membangun paradigma Guru dan Masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pulau Kisar. Paradigma yang dibangun bertujuan agar seluruh komponen masyarakat dapat turut serta berinvestasi terhadap pendidikan. Karena bila hanya mengharapkan pemerintah maka anggaran untuk mengelola pendidikan itu tidak cukup. (2) Peningkatan mutu guru perlu dilakukan secara berkesinambungan dengan melibatkan semua jejaring selain Pemerintah. (3) Perlu di bangun iklim kompetisi diantara para pelajar, merupakan salah satu indikator peningkatan mutu. (4) Perlu dipertahankan kearifan lokal kita karena ini menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dengan bergandengan tangan, perlahan namun pasti, dimulai dari hal-hal kecil dalam menggapai asa untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik lagi, maka semuanya dapat menjadi kenyataan...

Dari Pulau Kisar, Negeri Yotowawa beranda terdepan NKRI....
Semangat membangun pendidikan mewujudkan Kisar Cerdas menuju Maluku Cerdas.....

1 komentar:

  1. membangun pendidikan adalah hal yang terpenting. ada beberapa hal yang telalah dilakukan oleh relawan-relawan kita dari kisar untuk mencegah miskinnya pendidikan di pulau kisar tercinta... terimah kasih banyak
    ada beberapa hal yang bermanfaat yang saya ambil dari gerakan ini :
    1. Memberikan Informasi dan Pemahaman
    2. Menciptakan Generasi Penerus Bangsa
    3. Memperdalam Suatu Ilmu Pengetahuan
    4. Gelar Pendidikan untuk Karier
    5. Membentuk Pola Pikir yang Ilmiah
    6. Mencegah Terbentuknya Generasi yang “Bodoh”
    7. Menambah Pengalaman Peserta Didik
    8. Mencapai Aktualisasi Diri
    9. Mencegah Terjadinya Tindak Kejahatan
    10. Mengajarkan Fungsi Sosial Dalam Masyarakat
    11. Meningkatkan Produktivitas
    12. Mengoptimalkan Talenta Seseorang
    13. Membentuk Karakter Bangsa
    14. Memperbaiki Cara Berpikir Individu
    15. Meningkatkan Taraf Hidup Manusia
    16. Membentuk Kepribadian Seseorang
    17. Mencerdaskan Anak-anak Bangsa
    18. Menjamin Terjadinya Integrasi Sosial
    19. Meningkatkan Kreativitas
    20. Menciptakan Anak-anak Bangsa yang Cerdas


    BalasHapus